Skip to main content

Rapat Kerja Srikandian Ibu Profesional Bekasi 2023

Pada hari Minggu, 26 Februari 2023 saya mengikuti kegiatan Rapat Kerja bersama para srikandian Ibu Profesional Bekasi. Setelah sebelumnya didahului dengan acara serah terima amanah dan dilanjut dengan rapat kerja melalui zoom secara daring. Pada sesi daring sudah ada pembahasan program kerja dari masing-masing komponen, mulai duari Kampung Komunitas, Sejuta Cinta, Himpunan Mahasiswa, Sister Regional, KIPMA dan Lumbung Ilmu. Kali ini sesi luring digunakan sebagai media diskusi untuk membuat sinergi kegiatan antar komponen.  Sekitar dua pekan sebelumnya, saya dihubungi oleh panitia dari Sisreg atau sister regional dan diminta hadir sebagai host atau MC. Kegiatannya semi formal dengan lebih banyak interaksi diskusi dan improvisasi kegiatan secara umum. Sesi pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dan prakata dari sekretaris regional yang membahas tentang alur administasi ke sekreg dari masing-masing komponen. Setiap komponen harus mengisi form jika ingin mengadakan kegiatan, baik kegiatan b

Anggaran Cepat, Cepatnya Mencatat Transaksi Keuangan Harian

Dahulu kala, saya sempat sangat rajin mencatat transaksi keuangan harian seperti belanja sayuran, belanja kebutuhan mencuci, membeli mainan anak, baju-baju, makan di luar, pokoknya segala pengeluaran saya catat di laptop dengan Microsoft Excel. Ketika itu tujuan saya adalah untuk mengetahui, berapa sih uang yang saya butuhkan dalam sebulan, dan untuk apa saja? Nah, dengan rajin mencatat, dan mengelompokkan transaksi, saya jadi tahu pos-pos mana saja yang punya andil besar menghabiskan jatah uang bulanan. Atau pos mana saja yang bisa diirit ketika uang bulanan menipis.

Semakin lama kegiatan mencatat ini menurut saya memakan waktu yang cukup banyak. Selain saya merasa malas (hehehe... jangan ditiru), dengan bertambahnya jumlah anak, semakin sulit mencari waktu sendiri untuk mengetik. Bisa sih, malam kalau anak-anak sudah tidur. Tapiiii.... saya sudah terlanjur capek seharian. Jadi saya memilih cepat-cepat tidur juga. Saya tetap mengumpulkan nota-nota belanja, dengan harapan saya akan merekapnya di akhir minggu. Dan itu tidak pernah terjadi. Hehehe....

Akhir-akhir ini saya mengenal aplikasi baru yang digunakan suami untuk mencatat transaksi harian yang berkaitan dengan pekerjaannya. Sayapun iseng-iseng ikutan instal aplikasinya, yaitu Anggaran cepat. Aplikasi ini memiliki menu-menu untuk mencatat pemasukan, pengeluaran, dan memisahkan masing-masing anggaran yang berbeda dengan nama berbeda. Setiap jenis pengeluaran yang kita catat akan mengurangi saldo secara otomatis. Jadi misalkan kita punya jatah uang bulanan, kita akan bisa memantau posisi keuangan kita berdasarkan pengeluaran belanja yang dicatat. Aplikasi ini juga memiliki fitur alarm yang bisa kita atur untuk mengingatkan kita mencatat transaksi. Notifikasi akan muncul di layar depan smartphone untuk mengingatkan kita mengupdate catatan keuangan harian.


Hari minggu kemarin, kami merayakan ulang tahun Hasna anak kedua saya yang ke-4 tahun. Ini pertama kalinya kami merayakan ulang tahun Hasna dengan mengundang anak-anak tetangga. Mungkin juga ini satu-satunya pesta ulang tahun di masa kecilnya. Ketika saya kecil, saya sangat ingin merayakan ulang tahun dengan pesta meriah. Tetapi hal itu tidak pernah terwujud hingga saya dewasa, karena keluarga saya termasuk keluarga biasa yang tinggal di desa. Karenanya, saya ingin anak-anak merasakan pesta ulang tahun meriah setidaknya sekali di masa kecilnya. Hehehe... Terlepas dari pro kontra perayaan pesta ulang tahun dalam masyarakat muslim, saya memilih merujuk pada pendapat hal ini tidak diatur dalam Islam, tidak dicontohkan, tetapi juga tidak diharamkan. Sehingga menurut saya boleh-boleh saja.

Dalam mempersiapkan kebutuhan pesta, saya mempersiapkan budget tertentu sesuai jumlah undangan dan konsumsi. Saya memanfaatkan aplikasi Anggaran Cepat untuk mengontrol dan mencatat transaksi. Beberapa hal yang saya persiapkan terkait dekorasi, kartu undangan, goodie bag, hadiah game, hadiah untuk Hasna, cake ulang tahun, dan nasi kotak. Persiapan lain seperti baju pesta, sound system sudah ada di rumah. 

Menu pada Aplikasi

Anggaran Pesta Ulang Tahun

Aplikasi ini sederhana sih ya, tetapi ternyata sangat efektif dalam mengontrol pengeluaran sehari-hari. Kita cukup mencatat dengan sangat mudah belanjaan kita hari itu. Tidak butuh waktu lama, bahkan tidak sampai 5 menit setiap hari. Di akhir bulan, kita dapat mereview pemasukan dan pengeluaran kita dalam sebulan. Sesederhana Debit-Kredit-Saldo.




#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Comments

Popular posts from this blog

Menyanyi Laguku Sendiri (Think Creative Day 8)

Hampir sebulanan ini Hasna bunda masukkan ke PAUD dekat rumah. Berangkat pukul 07.30 WIB dan pulang sekitar pukul 10.00 WIB. Bunda merasa kasihan, karena ketika kakak sekolah TK, adik Hasna bermain sendiri. Bunda sedang tidak bisa membersamai, apalagi sebentar lagi ada adik bayi. Kemungkinan besar fokus bunda adalah mengurus adik bayi. Untungnya Hasna sangat excited di PAUD, meskipun sederhana tetapi bunda tahu di sana memang hanya bermain tanpa dipaksa belajar. Bahkan kadang jalan-jalan atau beraktivitas di kebun sebelah sekolah.  Hasna memang suka menyanyi, kemarin ibu gurunya mengirimi bunda video ketika Hasna menyanyi sambil menunggu dijemput mbah uti. Di lagu tersebut, Hasna mengarang sendiri syairnya. Tentang mamanya yang belum jemput. Dan bagaimana ia di sekolah. Kata gurunya, di kelaspun dia suka menyanyi sendiri. Berarti dia merasa nyaman di PAUD dan tidak merasa terbebani. Setiap pulang juga selalu cerita. Misalnya saja beberapa hari lalu, anak-anak lomba makan k

Pohon Literasi #Day 10

Bismillaahirrohmaanirrohiiim... Tantangan hari ke 10, Raissa masih kurang enak badan. Padahal, hari itu bunda ada pertemuan pengurus Komunitas Ibu Profesional Sumut. Paginya kami sempatkan pergi ke dokter untuk memeriksakan kakak. Setelahnya ayah mengantar bunda dan adik ke tempat pertemuan. Kakak sebenarnya marah karena ingin ikut, akhirnya dibujuk ayah istirahat di rumah. Sepulang ngantar bunda nanti mampir beli kaos dan buku Afra. Bunda dan ayah berbagi tugas untuk menjaga anak-anak. Karena kemungkinan itu pertemuan pengurus KIP Sumut yg terakhir bunda ikuti. Soalnya bulan ini kami sudah akan pindah dari Sumut. Sekalian bunda pamitan dengan teman-teman pengurus yang lain.  Selama menemani bunda, Hasna bersikap baik dengan bermain sendiri. Mewarnai, membaca, dan memainkan amunisi yang sudah dibawanya dari rumah. Sempat pula berkenalan dengan anak-anak teman bunda. Sesampainya di rumah, ternyata kakak mendapat beberapa buku Afra. Salah satunya Amazing shodaqoh. Kam

Refleksi Pemilihan Walikota di Hexagon City

 Hexagon city pada pekan-pekan ini sedang berproses membangun struktur organisasi kota. Kali ini proses pemilihan walikota berlangsung. Mulai dari Pengajuan kandidat hingga hari pemilihan dan hasil pemungutan suara. Seperti halnya pemilu di tempat lain berlangsung, di hexagon city proses yang dilalui juga sangat teratur dan khidmad. Meskipun seluruh warga adalah perempuan, seluruh kandidat dan tim sukses juga adalah para perempuan, hal ini tidak mengurangi esensi pemilu itu sendiri. PENGAJUAN KANDIDAT CALON WALIKOTA Setiap cluster di hexagon city diberikan kuota sebanyak 3 calon kandidat. Gugus Impian adalah cluster tempat saya berada. Ada tiga orang calon kandidat yang pada awalnya mengajukan diri. Selain 3 kandidat sebagai perwakilan cluster, hexagonia yang lain juga diperkenankan mencalonkan diri sebagai kandidat independen.  Para calon kandidat walikota diharuskan mendaftarkan diri pada form yang disediakan oleh tim formula dengan batas waktu. Namun, terjadi beberapa hal selama pro