Skip to main content

Rapat Kerja Srikandian Ibu Profesional Bekasi 2023

Pada hari Minggu, 26 Februari 2023 saya mengikuti kegiatan Rapat Kerja bersama para srikandian Ibu Profesional Bekasi. Setelah sebelumnya didahului dengan acara serah terima amanah dan dilanjut dengan rapat kerja melalui zoom secara daring. Pada sesi daring sudah ada pembahasan program kerja dari masing-masing komponen, mulai duari Kampung Komunitas, Sejuta Cinta, Himpunan Mahasiswa, Sister Regional, KIPMA dan Lumbung Ilmu. Kali ini sesi luring digunakan sebagai media diskusi untuk membuat sinergi kegiatan antar komponen.  Sekitar dua pekan sebelumnya, saya dihubungi oleh panitia dari Sisreg atau sister regional dan diminta hadir sebagai host atau MC. Kegiatannya semi formal dengan lebih banyak interaksi diskusi dan improvisasi kegiatan secara umum. Sesi pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dan prakata dari sekretaris regional yang membahas tentang alur administasi ke sekreg dari masing-masing komponen. Setiap komponen harus mengisi form jika ingin mengadakan kegiatan, baik kegiatan b

Pinterest, Gudangnya Inspirasi

Pinterest, sebuah aplikasi yang selalu menarik untuk dibuka. Saya hampir selalu menemukan apa yang saya cari ketika membuka Pinterest. Sebenarnya, mesin pencari google juga bisa mencari hampir segala hal. Namun, jika berkaitan dengan ide, kesukaan, hobby, maka Pinterest lebih saya sukai. Sesuai namanya, Pinterest dapat dijabarkan menjadi dua kata, Pin dan Interest. Yaa... kalau kita karang-karang fungsinya untuk menge'Pin' atau menyemat suatu 'Interest' atau ketertarikan pada sebuah 'Board' atau papan. Seperti halnya dalam bentuk fisik, kita biasa memiliki sebuah papan layaknya majalah dinding dan menempel informasi atau hal-hal yang kita sukai di papan tersebut. Beberapa memakai pin/paku kecil sebagai alat untuk menempel atau menyemat kertas pada papan tersebut.




Pertama-tama kita perlu menginstal aplikasi ke smartphone android melalui Playstore. Kemudian kita bisa membuat akun atau menggunakan akun media sosial seperti facebook maupun google. Setelah terbuka, maka kita akan memiliki akun Pinterest dan dapat mengatur Profile kita.

Halaman Awal Pinterest

Ketika kita pertama kali masuk ke Pinterest, maka kita perlu memilih minimal 5 kategori ketertarikan kita, misalnya seni, DIY, dekorasi, dan lain sebagainya. Hal ini dibutuhkan oleh Pinterest untuk memberikan rekomendasi topik yang sesuai dengan preferensi dan ketertarikan kita. Pinterest ini dapat menyimpan kategori atau hal-hal yang kita sering cari di Pinterest. Nantinya akan muncul notifikasi Pinterest baik melalui layar depan smartphone maupun melalui email ketika ada pin baru yang menarik dan direkomendasikan untuk kita. 

Memilih Kategori Ketertarikan dan Kesukaan

Selanjutnya, ketika kita membuka Pinterest, akan kita dapati gambar-gambar acak yang sesuai dengan kategori pilihan minat kita diawal tadi. Kita dapat meng'klik' pada gambar di kanan atas untuk melihat akun kita, dan pemberitahuan apa saja yang sudah direkomendasikan oleh Pinterest.

Halaman Awal

Halaman Pemberitahuan

Seperti halnya media sosial lainnya, kita dapat mengatur profile dan melakukan aktivitas pada akun kita. Misalnya membuat Papan, menge'pin' gambar tertentu yang kita suka, mengikuti topik, orang, atau papan tertentu. Bahkan jika kita rajin mengupload foto yang menarik, kita bisa mendapatkan pengikut.

Halaman Akun

Menu yang paling saya sukai di Pinterest ini adalah menu pencarian. Kita dapat meng'klik' gambar kaca pembesar di kanan atas dan mengetik kata kunci pencarian yang kita inginkan. Ada segudang ide di pinterest yang dapat kita adopsi. Salah satunya tentang kerajinan tangan atau craft untuk anak-anak. Ketika kita kehabisan ide bermain prakarya dengan anak, maka Pinterest bisa menjadi solusi.

Mengetik Kata Kunci Pencarian

Ide-Ide Hasil Pencarian

Tidak hanya memanfaatkan Pinterest untuk mencari ide kegiatan bersama anak, saya juga memanfaatkan Pinterest untuk mencari ide dekorasi rumah, masakan, dan lainnya. Aplikasi ini cukup menarik, bahlan bisa menjadi me time tersendiri bagi ibu ranah domestik seperti saya.





#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Comments

Popular posts from this blog

Menyanyi Laguku Sendiri (Think Creative Day 8)

Hampir sebulanan ini Hasna bunda masukkan ke PAUD dekat rumah. Berangkat pukul 07.30 WIB dan pulang sekitar pukul 10.00 WIB. Bunda merasa kasihan, karena ketika kakak sekolah TK, adik Hasna bermain sendiri. Bunda sedang tidak bisa membersamai, apalagi sebentar lagi ada adik bayi. Kemungkinan besar fokus bunda adalah mengurus adik bayi. Untungnya Hasna sangat excited di PAUD, meskipun sederhana tetapi bunda tahu di sana memang hanya bermain tanpa dipaksa belajar. Bahkan kadang jalan-jalan atau beraktivitas di kebun sebelah sekolah.  Hasna memang suka menyanyi, kemarin ibu gurunya mengirimi bunda video ketika Hasna menyanyi sambil menunggu dijemput mbah uti. Di lagu tersebut, Hasna mengarang sendiri syairnya. Tentang mamanya yang belum jemput. Dan bagaimana ia di sekolah. Kata gurunya, di kelaspun dia suka menyanyi sendiri. Berarti dia merasa nyaman di PAUD dan tidak merasa terbebani. Setiap pulang juga selalu cerita. Misalnya saja beberapa hari lalu, anak-anak lomba makan k

Pohon Literasi #Day 10

Bismillaahirrohmaanirrohiiim... Tantangan hari ke 10, Raissa masih kurang enak badan. Padahal, hari itu bunda ada pertemuan pengurus Komunitas Ibu Profesional Sumut. Paginya kami sempatkan pergi ke dokter untuk memeriksakan kakak. Setelahnya ayah mengantar bunda dan adik ke tempat pertemuan. Kakak sebenarnya marah karena ingin ikut, akhirnya dibujuk ayah istirahat di rumah. Sepulang ngantar bunda nanti mampir beli kaos dan buku Afra. Bunda dan ayah berbagi tugas untuk menjaga anak-anak. Karena kemungkinan itu pertemuan pengurus KIP Sumut yg terakhir bunda ikuti. Soalnya bulan ini kami sudah akan pindah dari Sumut. Sekalian bunda pamitan dengan teman-teman pengurus yang lain.  Selama menemani bunda, Hasna bersikap baik dengan bermain sendiri. Mewarnai, membaca, dan memainkan amunisi yang sudah dibawanya dari rumah. Sempat pula berkenalan dengan anak-anak teman bunda. Sesampainya di rumah, ternyata kakak mendapat beberapa buku Afra. Salah satunya Amazing shodaqoh. Kam

Refleksi Pemilihan Walikota di Hexagon City

 Hexagon city pada pekan-pekan ini sedang berproses membangun struktur organisasi kota. Kali ini proses pemilihan walikota berlangsung. Mulai dari Pengajuan kandidat hingga hari pemilihan dan hasil pemungutan suara. Seperti halnya pemilu di tempat lain berlangsung, di hexagon city proses yang dilalui juga sangat teratur dan khidmad. Meskipun seluruh warga adalah perempuan, seluruh kandidat dan tim sukses juga adalah para perempuan, hal ini tidak mengurangi esensi pemilu itu sendiri. PENGAJUAN KANDIDAT CALON WALIKOTA Setiap cluster di hexagon city diberikan kuota sebanyak 3 calon kandidat. Gugus Impian adalah cluster tempat saya berada. Ada tiga orang calon kandidat yang pada awalnya mengajukan diri. Selain 3 kandidat sebagai perwakilan cluster, hexagonia yang lain juga diperkenankan mencalonkan diri sebagai kandidat independen.  Para calon kandidat walikota diharuskan mendaftarkan diri pada form yang disediakan oleh tim formula dengan batas waktu. Namun, terjadi beberapa hal selama pro