Skip to main content

Rapat Kerja Srikandian Ibu Profesional Bekasi 2023

Pada hari Minggu, 26 Februari 2023 saya mengikuti kegiatan Rapat Kerja bersama para srikandian Ibu Profesional Bekasi. Setelah sebelumnya didahului dengan acara serah terima amanah dan dilanjut dengan rapat kerja melalui zoom secara daring. Pada sesi daring sudah ada pembahasan program kerja dari masing-masing komponen, mulai duari Kampung Komunitas, Sejuta Cinta, Himpunan Mahasiswa, Sister Regional, KIPMA dan Lumbung Ilmu. Kali ini sesi luring digunakan sebagai media diskusi untuk membuat sinergi kegiatan antar komponen.  Sekitar dua pekan sebelumnya, saya dihubungi oleh panitia dari Sisreg atau sister regional dan diminta hadir sebagai host atau MC. Kegiatannya semi formal dengan lebih banyak interaksi diskusi dan improvisasi kegiatan secara umum. Sesi pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dan prakata dari sekretaris regional yang membahas tentang alur administasi ke sekreg dari masing-masing komponen. Setiap komponen harus mengisi form jika ingin mengadakan kegiatan, baik kegiatan b

Hai Buddy, Thank's for Sharing. Semoga Bekal Kita Cukup Yah...

Woww... kejutan demi kejutan terus hadir sepanjang kelas ulat Bunda Cekatan Ibu Profesional. Tanpa terasa, minggu ini adalah minggu terakhir di tahap ulat. Seperti biasa, di setiap akhir kelas kuliah di Institut Ibu Profesional, selalu ada Aliran Rasa. Bagaimana yang kita rasakan selama kelas berlangsung dan apa saja kesan yang kita dapatkan dalam mengikuti tantangan di setiap tahap. Selama mengikuti kuliah di Ibu Profesional, mulai dari Matrikulasi, Bunda Sayang, dan kali ini Bunda Cekatan, tahap ulat adalah tahap terlama yang pernah saya ikuti. Tahap ini berlangsung selama 2 bulan penuh. Tentu saja aliran rasanya juga spesial dong. 

Etapii.... kali ini beda, siswa tidak disuruh menuliskan Aliran Rasa dan mengumpulkannya seperti biasa. Nah, di sini kejutannya. Setiap orang disuruh mencari Buddy untuk berbagi Aliran Rasa. Sedangkan tugas yang kita kumpulkan berkenaan dengan Aliran Rasa Buddy Kita. Enggak berhenti di situ, kitapun harus memberikan bekal yang menurut kita akan membantu Buddy menjalani kelas selanjutnya, yaitu puasa 30 hari di kelas kepompong.

Sebelum kita lanjut, kita bahas dulu nih tentang Buddy. So... buddy ini adalah sesama siswa Bunda Cekatan yang kita pilih sebagai pasangan kita dalam bertukar cerita, bertukar Aliran Rasa selama mengikuti kelas ulat. Boleh siapa saja, boleh dari regional mana saja, boleh tetangga, boleh teman lama, atau bahkan yang baru kenal di Bunda Cekatan, pokonyamah Bebas Merdeka. 

Cerita saya memperoleh buddy cukup tidak terduga. Pada saat jadwal dongeng Ibu Septi di facebook, saya sedang mengikuti acara pengajian rutin kompleks. Sehingga saya tidak menyimak live. Tetiba, mbak Novita Ratna Dewi mengirim pesan whatsapp kepada saya, dan melamar untuk menjadi Buddynya. Saya terbengong-bengong karena memang belum nonton dongeng. Sehingga belum tahu apa-apa. Mbak Novi menceritakan tugas minggu ini tentang mencari Buddy, sehingga saya baru paham. Daann... jadilah kami sepasang Buddy. 😊

Mbak Novi ini saya kenal ketika kami sama-sama menjadi pengurus IP Regional Sumatera Utara beberapa tahun lalu. Beliau ini sangat berdedikasi. Saat ini saya pindah domisili dan menjadi bagian dari IP Pasuruan. Sedangkan mbak Novi juga sudah pindah, dan saat ini tergabung di IP Lampung. Kami dipertemukan kembali di kelas Bunda Cekatan  Yeee.... 👏🤗


Pada awal obrolan, kami saling share mindmaps. Mbak Novi memiliki 4 topik, yaitu Manajemen Keuangan, Manajemen Waktu, Komunikasi Produktif dan Mindfullness. Saat ini mbak Novi ingin fokus pada satu topik, yang awalnya Mindfullness kemudian bergeser ke lingkup Manajemen Emosi dan berfokus pada Innerchild. Berikut saya kutip beberapa Aliran Rasa beliau selama di kelas ulat.

Di kelas ulat-ulat ini masyaAllah, kalau gak punya mindmap pasti sudah lost, bingung, dan akan menghabiskan begitu banyak waktu untuk melahap semua makanan yang ada. Makanannya sungguh enak-enak, berdaging semua, dan disajikan dengan penuh cinta oleh teman-teman seperjuangan. Dengan mengacu pada mindmap, pada hal-hal yang ingin saya pelajari, maka saya bisa menemukan tempat yang cocok untuk saya saat ini: keluarga manajemen emosi. Begitu masuk keluarga ini, awalnya cukup seru karena ada kelas-kelas kecil, dan setiap minggu ada pembahasan materi dari kelas-kelas kecil. Sayangnya, karena jumlah anggota yang cukup banyak, jika sekali ketinggalan chat maka akan cukup susah untuk "memanjat". Sudah banyak chat yang saya lewatkan di keluarga manajemen emosi. Ini juga lah yang membuat saya untuk tetap setia, stay di satu keluarga ini saja karena saya merasa belum tentu bisa mengikuti diskusi di keluarga lain. Akhirnya asupan makanan tambahan saya cari dari goLive teman-teman di facebook group. Ini cukup membantu loh. Menonton teman yang sedang mendongeng, seru juga seperti bertatap langsung.
Sebentar lagi akan berpuasa, maka seharusnya menyiapkan bekal yang cukup. Apakah bekal saya cukup? Belum tahu juga sih. Menurut saya belum cukup, tapi rasanya saya belum kuat menambah makanan lagi karena makanan yang sebelumnya belum dicerna dengan baik. Untuk ke depannya, bismillah, semoga bisa lancar dan tetap konsisten

Berdasarkan cerita mbak Novi, sepertinya saya tidak akan memberikan bekal yang berkaitan dengan materi yang beliau pelajari atau innerchild. Karena makanan yang ada sudah cukup banyak. Saya akan berfokus pada judul mindmap mbak Novi yaitu "IBUK BAHAGIA".



Bahagia ala kami masing-masing mungkin berbeda, tetapi saya akan memberikan sedikit tips ala saya untuk tetap bahagia dan mencoba selalu bahagia. Pertama adalah "Self Care" ala saya.



Mbak Novi ini adalah ibu bekerja yang juga harus menjaga anak-anaknya. Ketika kami masih sama-sama di IP Sumatera Utara, yang saya ketahui adalah mbak Novi ini seringkali membawa anaknya bekerja, menjaganya di kantor bergantian dengan suaminya yang kebetulan bekerja di kantor yang sama. Sehingga saya berpikir untuk memberikan sedikit tentang Manajemen energi yang saya peroleh dari blog mbak Shabrina yang dikumpulkan dan disusun oleh mbak Siti Munawaroh.

Manajemen Energi Emak Rempong

Keadaan kita dalam menghadapi dan menjalani kegiatan sehari-hari dipengaruhi juga oleh mood. Semakin baik mood, maka semakin menyenangkan pula aktivitas yang kita jalani. Saya ingin memberikan saran aplikasi mood tracker dan refleksi yang bisa diinstal dari playstore android untuk mencatat mood kita sehari-hari. Pada periode tertentu, kita bisa mereview kembali kondisi mood kita, apakah lebih banyak senangnya atau sedihnya.




Sayapun berpikir bahwasanya kebahagian dipengaruhi juga oleh nikmatnya sehat. Maka saya menambahkan bekal olahraga singkat yang bisa dilakukan di pagi hari dan resep ramuan untuk menjaga kesehatan tubuh dari dr. Zaidul Akbar.

Olahraga 3 Menit

Resep menjaga tubuh oleh dr.Zaidul Akbar


Semoga bekal-bekal yang saya hadiahkan kepada buddy saya dapat bermanfaat baginya. Ayo mbak Novi, kita kobarkan kembali semangat menyambut kelas kepompong. Semoga bekal yang kita miliki sudah cukup untuk melanjutkan proses perkuliahan Bunda Cekatan ini.


#janganlupabahagia
#jurnalminggu8
#materi8
#kelasulat
#bundacekatan1
#institutibuprofesional

Comments

Popular posts from this blog

Menyanyi Laguku Sendiri (Think Creative Day 8)

Hampir sebulanan ini Hasna bunda masukkan ke PAUD dekat rumah. Berangkat pukul 07.30 WIB dan pulang sekitar pukul 10.00 WIB. Bunda merasa kasihan, karena ketika kakak sekolah TK, adik Hasna bermain sendiri. Bunda sedang tidak bisa membersamai, apalagi sebentar lagi ada adik bayi. Kemungkinan besar fokus bunda adalah mengurus adik bayi. Untungnya Hasna sangat excited di PAUD, meskipun sederhana tetapi bunda tahu di sana memang hanya bermain tanpa dipaksa belajar. Bahkan kadang jalan-jalan atau beraktivitas di kebun sebelah sekolah.  Hasna memang suka menyanyi, kemarin ibu gurunya mengirimi bunda video ketika Hasna menyanyi sambil menunggu dijemput mbah uti. Di lagu tersebut, Hasna mengarang sendiri syairnya. Tentang mamanya yang belum jemput. Dan bagaimana ia di sekolah. Kata gurunya, di kelaspun dia suka menyanyi sendiri. Berarti dia merasa nyaman di PAUD dan tidak merasa terbebani. Setiap pulang juga selalu cerita. Misalnya saja beberapa hari lalu, anak-anak lomba makan k

Pohon Literasi #Day 10

Bismillaahirrohmaanirrohiiim... Tantangan hari ke 10, Raissa masih kurang enak badan. Padahal, hari itu bunda ada pertemuan pengurus Komunitas Ibu Profesional Sumut. Paginya kami sempatkan pergi ke dokter untuk memeriksakan kakak. Setelahnya ayah mengantar bunda dan adik ke tempat pertemuan. Kakak sebenarnya marah karena ingin ikut, akhirnya dibujuk ayah istirahat di rumah. Sepulang ngantar bunda nanti mampir beli kaos dan buku Afra. Bunda dan ayah berbagi tugas untuk menjaga anak-anak. Karena kemungkinan itu pertemuan pengurus KIP Sumut yg terakhir bunda ikuti. Soalnya bulan ini kami sudah akan pindah dari Sumut. Sekalian bunda pamitan dengan teman-teman pengurus yang lain.  Selama menemani bunda, Hasna bersikap baik dengan bermain sendiri. Mewarnai, membaca, dan memainkan amunisi yang sudah dibawanya dari rumah. Sempat pula berkenalan dengan anak-anak teman bunda. Sesampainya di rumah, ternyata kakak mendapat beberapa buku Afra. Salah satunya Amazing shodaqoh. Kam

Refleksi Pemilihan Walikota di Hexagon City

 Hexagon city pada pekan-pekan ini sedang berproses membangun struktur organisasi kota. Kali ini proses pemilihan walikota berlangsung. Mulai dari Pengajuan kandidat hingga hari pemilihan dan hasil pemungutan suara. Seperti halnya pemilu di tempat lain berlangsung, di hexagon city proses yang dilalui juga sangat teratur dan khidmad. Meskipun seluruh warga adalah perempuan, seluruh kandidat dan tim sukses juga adalah para perempuan, hal ini tidak mengurangi esensi pemilu itu sendiri. PENGAJUAN KANDIDAT CALON WALIKOTA Setiap cluster di hexagon city diberikan kuota sebanyak 3 calon kandidat. Gugus Impian adalah cluster tempat saya berada. Ada tiga orang calon kandidat yang pada awalnya mengajukan diri. Selain 3 kandidat sebagai perwakilan cluster, hexagonia yang lain juga diperkenankan mencalonkan diri sebagai kandidat independen.  Para calon kandidat walikota diharuskan mendaftarkan diri pada form yang disediakan oleh tim formula dengan batas waktu. Namun, terjadi beberapa hal selama pro