Skip to main content

Rapat Kerja Srikandian Ibu Profesional Bekasi 2023

Pada hari Minggu, 26 Februari 2023 saya mengikuti kegiatan Rapat Kerja bersama para srikandian Ibu Profesional Bekasi. Setelah sebelumnya didahului dengan acara serah terima amanah dan dilanjut dengan rapat kerja melalui zoom secara daring. Pada sesi daring sudah ada pembahasan program kerja dari masing-masing komponen, mulai duari Kampung Komunitas, Sejuta Cinta, Himpunan Mahasiswa, Sister Regional, KIPMA dan Lumbung Ilmu. Kali ini sesi luring digunakan sebagai media diskusi untuk membuat sinergi kegiatan antar komponen.  Sekitar dua pekan sebelumnya, saya dihubungi oleh panitia dari Sisreg atau sister regional dan diminta hadir sebagai host atau MC. Kegiatannya semi formal dengan lebih banyak interaksi diskusi dan improvisasi kegiatan secara umum. Sesi pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dan prakata dari sekretaris regional yang membahas tentang alur administasi ke sekreg dari masing-masing komponen. Setiap komponen harus mengisi form jika ingin mengadakan kegiatan, baik kegiat...

Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

 Gagdet atau gawai adalah salah satu barang wajib di dunia digital sekarang ini. Hampir semua orang memiliki 1 gadget minimal yaitu smartphone yang selalu dibawa setiap harinya. Tak heran memang, benda sekecil ini mampu melakukan banyak peran penting demi kenyamanan hidup penggunanya.

Banyak kegiatan pemenuhan kebutuhan yang bisa dipermudah dengan gadget tanpa perli keluar rumah, atau bahkan tanpa perlu berpindah tempat, semua mampu dilakukan dalam genggaman, seperti halnya komunikasi, transaksi perbankan, pembayaran tagihan, isi pulsa, pencarian informasi, networking, media sosial, belanja, menulis, belajar online, hiburan, dan segudang manfaat lain yang hampir tak terhitung banyaknya.

Bagaimana dengan anak? Apa yang diperlukan seorang anak dari sebuah gadget. Jika pertanyan ini diajukan 10 tahun lalu, atau mungkin 20 tahun lalu, maka jawabannya mungkin "belum perlu". Tetapi jika di masa kini, kita tidak bisa menampik bahwa gadget diperlukan anak untuk belajar, mencari informasi, komunikasi, atau mungkin hiburan semata. Apalagi di masa pandemi yang hampir semua aktivitas sekolah anak dilakukan secara daring dari rumah masing-masing.

Penggunaan gadget seperti smartphone, tablet, atau laptop yang terkoneksi internet pada anak usia sekolah saat ini sudah seperti hal wajib. Semua pembelajaran dan pengiriman tugas dilakukan secara online. Namun, bagaimana jika gadget yang kita percayakan kepada anak sebagai media belajar, digunakan untuk hal lain seperti bermain game, menonton video streaming dan aktivitas hiburan lainnya yang menurut kita kurang atau bahkan tidak memberikan manfaat positif pada anak. Maka ini akan menjadi PR baru yang harus kita selesaikan.

Ciri-ciri anak kecanduan gadget:

  1. Menggunakan gadget di setiap ada kesempatan
  2. Terlihat gelisah dan tidak nyaman jika tidak memegang gadget
  3. Marah dan mengamuk jika gadgetnya diambil
  4. Tidak tertarik dengan aktivitas lain selain bermain gadget
  5. Malas bepergian ke luar rumah
  6. Melanggar batas waktu bermain gadget yang ditetapkan orang tua
  7. Bermain gadget secara sembunyi-sembunyi
  8.  Mengalami kesulitan berkonsentrasi.
Anak-anak kita mungkin mengalami salah satu atau beberapa dari ciri di atas. Bagaimana cara kita menghadapinya supaya tidak semakin parah? Tentu saja perlu adanya tindakan-tindakan tegas seperti:
  1. Menetapkan jam gadget terkait pembelajaran maupun hiburan atau kesenangan dan mendiskusikannya dengan anak
  2. Membuat daftar platform digital atau situs apa saja yang bisa dibuka selama jam gadget bebas diluar aktivitas pembelajaran
  3. Disiplin mengingatkan jika jam gadget telah usai dan memberikan konsekuensi yang disepakati bersama jika anak melanggar ketentuan jam gadget
  4. Memberikan apresiasi kepada anak jika dalam jangka waktu tertentu tidak melanggar jam gadget sama sekali
  5. Memberikan alternatif kegiatan yang dilakukan agar anak tidak terpaku pada gadget, seperti mengajak anak bereksperimen, membuat benda kreatif, melakukan percobaan sains, memasak bersama, membaca buku dan sebagainya
  6. Meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan fisik bersama di luar rumah, seperti jalan kaki bersama, bersepeda, bermain ke tempat bermain luar ruang, dan lain-lain
  7. Hadir sepenuh hati dan membersamai anak dalam menjalankan aktivitasnya
  8. Membuat jam bebasa gadget bagi kedua orang tua, sehingga anak tidak mencontoh untuk terus menerus menggunakan gadget sepanjang waktu.
  9. Komitmen dan konsisten pada aturan yang telah disepakati bersama.

Mengatasi anak yang terlanjur kecanduan gadget memang tidak mudah. Perlu kesabaran dan komitmen oleh kedua orang tua maupun orang lain yang tinggal serumah. Anak akan mengamuk dan marah, tetapi orang tua harus kuat dan tegas untuk tidak memberikan gadget di luar jatah waktunya. Sehingga lama -kelamaan anak akan memahami bahwa orang tuanya seriua dengan hal ini. Sehingga meskipun dia mengamuk dan marah, dia tidak akan mendapatkan keinginannya.

Komitmen dan ketegasan, dua hal yang menjadj modal orang tua untuk membantu anak lepas dari gadget. Semoga kita semua mampu memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita untuk mempersiapkan mereka menghadapi dunia dan masa depannya kelak.


#KLIPJuni2021









Comments

Popular posts from this blog

Serah Terima Amanah Srikandian Pengurus Ibu Profesional Bekasi

  Minggu, 29 Januari 2023 saya menghadiri acara serah terima amanah dari pengurus Ibu Profesional  Bekasi periode sebelumnya ke pengurus baru untuk masa kepengurusan 2023 sampai dengan 2024. Para pengurus ini disebut juga srikandian IP Bekasi. Merujuk pada karakter Srikandi yang kuat, diharapkan para pengurus dapat mengemban amanah dengan kekuatan baik dari luar maupun dari dalam. Bukan semata kekuatan fisik layaknya tokoh Srikandi, tetapi juga kekuatan lahir dan batin dalam menghadapi berbagai tantangan.  Acara dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana kegiatan yang bertajuk Sinergy ini, Shinchronize the Energy yaitu mbak Tiffany. Sambutan selanjutnya oleh sekretaris regional mbak Mayang sekaligus menyampaikan LPJ atau Laporan Pertanggungjawaban kepengurusan 2021-2023. Highlight acara yang diselenggarakan Ibu Profesional Bekasi mulai dari kegiatan offline sebelum pandemi hingga didominasi kegiatan online selama pandemi berlangsung. Pose dulu ah.. Acara dilanjutkan den...

OWOJ (One Week One Juz), Gerakan Membaca Al-Qur'an

 Assalamu'alaikum Warahmatullohi Wabarokaatuh.. AL-Qur'an adalah kalam Allah SWT sebagai pedoman hidup kita sebagai umat Islam, bersama dengan  Al-Hadits Sabda Rasulullah Muhammad SAW. Sejak kecil, kita diajarkan membaca Al-Qur'an baik di sekolah maupun di tempat mengaji seperti TPQ. Saat ini sudah banyak metode belajar membaca Al-Qur'an yang dikenal oleh masyarakat, tentu saja dengan ilmu yang sesuai pedoman dan tajwid Namun, jika anda lahir pada zaman saya kecil, guru mengaji di desa belum sebaik sekarang dalam mengajarkan ilmu tahsin. Sehingga bisa disimpulkan, pada usia saya yang sudah baligh, kemampuan tilawah saya masih pas-pasan. Alkhamdulillah ketika sudah menikah dan mengikuti suami merantau, saya dikumpulkan dengan orang-orang dan lingkungan yang mendukung saya mempelajari ilmu tajwid dengan lebih baik. Selama beberapa tahun mengikuti kajian tahsin dalam kelompok kecil, bisa dikatakan kemampuan tilawah saya sedikit demi sedikit meningkat menjadi lebih baik. Ke...

Marbel Muslim Kids, Belajar Tentang Islam Sekaligus Main Game

Marbel singkatan dari Mari Belajar, adalah salah satu pengembang education tools yang cukup reccomended . Ada banyak sekali aplikasi yang dikembangkan oleh marbel, baik berupa kisah inspiratif maupun permainan yang ditujukan bagi anak. Selain bermain, anak-anak juga bisa belajar tentang topik-topik yang menyenangkan. Salah satu aplikasi Marbel yang cukup menarik adalah Marbel Muslim Kids . Aplikasi tersebut dapat diunduh dan diinstal melalui Playstore di handphone android. Marbel Muslim Kids Sebelum menggunakan aplikasi ini, kita diharuskan log in terlebih dahulu. Biasanya saya menggunakan akun media sosial seperti facebook ataupun akun google untuk log in . Pada halaman awal, terdapat dua pilihan menu utama, yaitu materi informasi yang diwakili dengan gambar buku terbuka, dan permainan yang diwakili gambar segitiga menghadap ke kanan (biasanya kita menyebutnya tombol " play "). Tampilan Menu Utama Menu berisi materi terdiri dari 13 topik pembahasan...