Pada hari Minggu, 26 Februari 2023 saya mengikuti kegiatan Rapat Kerja bersama para srikandian Ibu Profesional Bekasi. Setelah sebelumnya didahului dengan acara serah terima amanah dan dilanjut dengan rapat kerja melalui zoom secara daring. Pada sesi daring sudah ada pembahasan program kerja dari masing-masing komponen, mulai duari Kampung Komunitas, Sejuta Cinta, Himpunan Mahasiswa, Sister Regional, KIPMA dan Lumbung Ilmu. Kali ini sesi luring digunakan sebagai media diskusi untuk membuat sinergi kegiatan antar komponen. Sekitar dua pekan sebelumnya, saya dihubungi oleh panitia dari Sisreg atau sister regional dan diminta hadir sebagai host atau MC. Kegiatannya semi formal dengan lebih banyak interaksi diskusi dan improvisasi kegiatan secara umum. Sesi pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dan prakata dari sekretaris regional yang membahas tentang alur administasi ke sekreg dari masing-masing komponen. Setiap komponen harus mengisi form jika ingin mengadakan kegiatan, baik kegiat...
Bismillahirrohmaanirrohiiim....
Pengamatan yang saya lakukan beberapa hari ini terhadap gaya belajar Raissa, mengarah pada salah satu gaya belajar yang lebih dominan. Beberapa ciri gaya belajar "auditory" saya temukan pada Raissa, diantaranya:
- Berbicara kepada diri sendiri saat bermain.
- Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, birama, dan warna suara.
- Lebih suka musik daripada seni
- Mudah terganggu oleh keributan
- Merasa kesulitan untuk menulis, tetapi hebat dalam bercerita
- Suka berbicara, berdiskusi dan menjelaskan sesuatu panjang lebar.
- Berbicara dalam irama yang terpola
- Senang membaca dengan keras dan mendengarkan.
Beberapa ciri lain pada gaya belajar "auditory" tidak saya temukan pada Raissa, atau mungkin belum. Karena pengamatan mendalam baru saya lakukan beberapa hari ini. Tentunya saya perlu memberikan stimulus yang beragam untuk mengamati ke arah mana perkembangan gaya belajarnya.
Hari ini, kami bermain dengan flashcard angka, hewan, dan sayuran. Meskipun flashcard angka sudah sering dimainkan, Raissa tetap menghitung benda-benda dari angka 1, untuk mengetahui jumlah keseluruhan. Raissa menghitungnya dengan suara lantang, baru kemudian menjepit angka yang sesuai. Sedangkan untuk kartu sayuran, Raissa cenderung membaca tulisan di bawah gambar. Bukan lagi melihat gambar apa lalu menyebutkan namanya. Pengamatan akan tetap saya lanjutkan dengan memperhatikan media yang berbeda dan kondisi yang berbeda.
#games_level4
#tantangan_hari_ke7
#kuliah_bunsayiip3
#gaya_belajar_anak
#institutibuprofesional
Comments
Post a Comment