Skip to main content

Rapat Kerja Srikandian Ibu Profesional Bekasi 2023

Pada hari Minggu, 26 Februari 2023 saya mengikuti kegiatan Rapat Kerja bersama para srikandian Ibu Profesional Bekasi. Setelah sebelumnya didahului dengan acara serah terima amanah dan dilanjut dengan rapat kerja melalui zoom secara daring. Pada sesi daring sudah ada pembahasan program kerja dari masing-masing komponen, mulai duari Kampung Komunitas, Sejuta Cinta, Himpunan Mahasiswa, Sister Regional, KIPMA dan Lumbung Ilmu. Kali ini sesi luring digunakan sebagai media diskusi untuk membuat sinergi kegiatan antar komponen.  Sekitar dua pekan sebelumnya, saya dihubungi oleh panitia dari Sisreg atau sister regional dan diminta hadir sebagai host atau MC. Kegiatannya semi formal dengan lebih banyak interaksi diskusi dan improvisasi kegiatan secara umum. Sesi pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dan prakata dari sekretaris regional yang membahas tentang alur administasi ke sekreg dari masing-masing komponen. Setiap komponen harus mengisi form jika ingin mengadakan kegiatan, baik kegiatan b

Taman Dinosaurus di TMII, Taman Legenda Keong Mas

Taman Mini Indonesia Indah adalah salah satu objek wisata yang merupakan Taman Hiburan bertema budaya Indonesia. Dibangun pada masa pemerintahan presiden Soeharto, Taman Mini Indonesia Indah merupakan buah pikir dan gagasan dari Ibu Negara Ibu Tien Soeharto. TMII atau semutan umum untuk Taman Mini Indonesia Indah diresmikan pada tahun 1975. Luas tanah berkisar 150 hektare. Termasuk taman yang sangat megah dan luas di area Jakarta Timur.

Taman Legenda Keong Mas

Anak ketiga saya yang laki-laki berusia 4 tahun lebih, sangat menggemari dinosaurus. Sejak usianya masih jauh lebih kecil, buku dan gambar yang disukainya selalu seputar hewan. Semakin lama mengerucut ke jenis-jenis hewan purba ini. Mulai mengoleksi berbagai mainan dinosaurus. Mengetahui nama-nama dinosaurus yang berbeda-beda. Mulai dari Tyranosaurur, Ichtyosaurus, Raptor, Brontosaurus, Brachiosaurus, Pachycepalosaurus, stegosaurus dan masih banyak lagi. Bahkan dinosaurus air dan udara juga dikenalnya. 

Sekarang ini sudah banyak taman hiburan yang memiliki patung dinosaurus yang bisa bergerak. Saya pun berniat mengajak anak-anak untuk melihat dinosaurus ukuran besar yang bisa bergerak. Setelah mencari tahu, maka taman yang ada dinosaurus paling dekat di Jakarta Timur. Ada taman dinosaurus di dalam TMII. Lebih tepatnya di dalam area Taman Legenda Keong Mas. Ini termasuk baru bagi saya. Beberapa tahun lalu, ketika ke Taman Mini Indonesia Indah, saya belum mengetahui ada taman hiburan lain di dalam TMII. Biasanya kami hanya menikmati pemandangan, mengunjungi anjungan-anjungan rumah adat. Atau kalau sedang tidak sibuk, bisa mengantre untuk menaiki kereta gantunh atau gondola.

Pernah sekali waktu belum menikah, saya naik gondola di TMII. Seru karena bisa memandang di bawah anjungan-anjungan rumah adat. Salah saty icon menarik pada saat berada di gondola adalah, melihat danau buatan dengan miniatur pulau-pulau di Indoensia. Ada juga bangunan menyerupai kastil istana, yang saya sendiri tidak mampu dateng ke sana. Taman Min, tak seperti namany, sangatlah luas. Jadi biasanya kami hanya mampu berjalan di sekitar gondol, masjid, miniatur monas, dll.

Pemandangam dari Gondola


Miniatur pulau-pulau di Indonesia

Taman hiburan yang saat ini menjadi tujuan utama para pengunjung adalah Taman Legenda Keong Mas yang terdapat di dalam area Taman Mini Indonesia Indah. Di dalamnya ada Taman Dinosaurus dan berbagai wahana aktivitas seperti komedi putar, kereta halilintar, kora-kora, bianglala dan masih banyak lagi. Ada juga wahana permainan untuk anak yang lebih kecil seusia balita. Karena beberapa wahana menerapkan batasan tinggi badan. 

Tahun 2022 lalu, kami sempat mencoba masuk ke TMII. Namun, security menghentikan kami di depan gerbang dan mengatakan TMII masih ditutup untuk pemugaran. Setelah mencari info ke situs dan media online, ternyata memang TMII sedang renovasi dan baru dibuka menjelang akhir tahun. Tadinya kami hanya mencari taman dinosaurus, tetapi belakangan kami baru tahu bahwa taman dinosaurus berada di dalam area Taman Legenda Keong Mas. 

Saat ini, Taman Mini Indonesia Indah sudah dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi dengan pembatasan jumlah pengunjung. Untuk dapat memasuki kawasan TMII kita perlu membeli tiket maksimal satu hari sebelumnya di https://www.tamanmini.com/pesona_indonesia/.

Yuk, kunjungi TMII yang sekarang lebih rapi dengan bangunan-bangunan yang sudah diperbaiki serta fasilitas yang mulai dikembangkan seperti mobil listrik untuk keliling kawasan TMII. Ketika kami ke sana di awal tahun 2023, mobil pribadi hanya boleh diparkir di sekitar terminal gondola. Selebihnya kita harus berjalan kaki atau naik mobil listrik yang disediakan. 

Comments

Popular posts from this blog

Menyanyi Laguku Sendiri (Think Creative Day 8)

Hampir sebulanan ini Hasna bunda masukkan ke PAUD dekat rumah. Berangkat pukul 07.30 WIB dan pulang sekitar pukul 10.00 WIB. Bunda merasa kasihan, karena ketika kakak sekolah TK, adik Hasna bermain sendiri. Bunda sedang tidak bisa membersamai, apalagi sebentar lagi ada adik bayi. Kemungkinan besar fokus bunda adalah mengurus adik bayi. Untungnya Hasna sangat excited di PAUD, meskipun sederhana tetapi bunda tahu di sana memang hanya bermain tanpa dipaksa belajar. Bahkan kadang jalan-jalan atau beraktivitas di kebun sebelah sekolah.  Hasna memang suka menyanyi, kemarin ibu gurunya mengirimi bunda video ketika Hasna menyanyi sambil menunggu dijemput mbah uti. Di lagu tersebut, Hasna mengarang sendiri syairnya. Tentang mamanya yang belum jemput. Dan bagaimana ia di sekolah. Kata gurunya, di kelaspun dia suka menyanyi sendiri. Berarti dia merasa nyaman di PAUD dan tidak merasa terbebani. Setiap pulang juga selalu cerita. Misalnya saja beberapa hari lalu, anak-anak lomba makan k

Pohon Literasi #Day 10

Bismillaahirrohmaanirrohiiim... Tantangan hari ke 10, Raissa masih kurang enak badan. Padahal, hari itu bunda ada pertemuan pengurus Komunitas Ibu Profesional Sumut. Paginya kami sempatkan pergi ke dokter untuk memeriksakan kakak. Setelahnya ayah mengantar bunda dan adik ke tempat pertemuan. Kakak sebenarnya marah karena ingin ikut, akhirnya dibujuk ayah istirahat di rumah. Sepulang ngantar bunda nanti mampir beli kaos dan buku Afra. Bunda dan ayah berbagi tugas untuk menjaga anak-anak. Karena kemungkinan itu pertemuan pengurus KIP Sumut yg terakhir bunda ikuti. Soalnya bulan ini kami sudah akan pindah dari Sumut. Sekalian bunda pamitan dengan teman-teman pengurus yang lain.  Selama menemani bunda, Hasna bersikap baik dengan bermain sendiri. Mewarnai, membaca, dan memainkan amunisi yang sudah dibawanya dari rumah. Sempat pula berkenalan dengan anak-anak teman bunda. Sesampainya di rumah, ternyata kakak mendapat beberapa buku Afra. Salah satunya Amazing shodaqoh. Kam

Refleksi Pemilihan Walikota di Hexagon City

 Hexagon city pada pekan-pekan ini sedang berproses membangun struktur organisasi kota. Kali ini proses pemilihan walikota berlangsung. Mulai dari Pengajuan kandidat hingga hari pemilihan dan hasil pemungutan suara. Seperti halnya pemilu di tempat lain berlangsung, di hexagon city proses yang dilalui juga sangat teratur dan khidmad. Meskipun seluruh warga adalah perempuan, seluruh kandidat dan tim sukses juga adalah para perempuan, hal ini tidak mengurangi esensi pemilu itu sendiri. PENGAJUAN KANDIDAT CALON WALIKOTA Setiap cluster di hexagon city diberikan kuota sebanyak 3 calon kandidat. Gugus Impian adalah cluster tempat saya berada. Ada tiga orang calon kandidat yang pada awalnya mengajukan diri. Selain 3 kandidat sebagai perwakilan cluster, hexagonia yang lain juga diperkenankan mencalonkan diri sebagai kandidat independen.  Para calon kandidat walikota diharuskan mendaftarkan diri pada form yang disediakan oleh tim formula dengan batas waktu. Namun, terjadi beberapa hal selama pro