Skip to main content

Rapat Kerja Srikandian Ibu Profesional Bekasi 2023

Pada hari Minggu, 26 Februari 2023 saya mengikuti kegiatan Rapat Kerja bersama para srikandian Ibu Profesional Bekasi. Setelah sebelumnya didahului dengan acara serah terima amanah dan dilanjut dengan rapat kerja melalui zoom secara daring. Pada sesi daring sudah ada pembahasan program kerja dari masing-masing komponen, mulai duari Kampung Komunitas, Sejuta Cinta, Himpunan Mahasiswa, Sister Regional, KIPMA dan Lumbung Ilmu. Kali ini sesi luring digunakan sebagai media diskusi untuk membuat sinergi kegiatan antar komponen.  Sekitar dua pekan sebelumnya, saya dihubungi oleh panitia dari Sisreg atau sister regional dan diminta hadir sebagai host atau MC. Kegiatannya semi formal dengan lebih banyak interaksi diskusi dan improvisasi kegiatan secara umum. Sesi pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dan prakata dari sekretaris regional yang membahas tentang alur administasi ke sekreg dari masing-masing komponen. Setiap komponen harus mengisi form jika ingin mengadakan kegiatan, baik kegiatan b

Decoy Effect: Trik Psikologi yang Mengubah Keputusan Kita

 


Decoy = Umpan

Dalam pemasaran ,  efek umpan (atau tarik efek atau efek dominasi asimetris ) adalah fenomena dimana konsumen akan cenderung memiliki perubahan tertentu dalam preferensi antara dua pilihan ketika juga disajikan dengan pilihan ketiga yang asimetris didominasi - Wikipedia.org

Singkatnya sih begini, jika kita mau membeli Milk bubble tea, kita disajikan pada 2 pilihan ukuran small dan medium. Pada awalnya kita yang membeli sendirian akan memilih ukuran small, karena harga lebih murah dengan ukuran pas sekali minum. Tetapi, di saat kita bersiap memesan, kita disuguhi dengan pilihan ketiga, ukuran large dengan kuantitas yang jauh lebih banyak dari ukuran small, dengan harga yang hanya sedikit lebih mahal dari ukuran medium. Kita langsung berfikir ulang dan merubah keputusan awal, yang tadinya ingin membeli ukuran small berubah ke ukuran large karena merasa ukuran ini lebih menguntungkan. Tanpa kita sadari, kita sudah masuk dalam marketing decoy effect

Secara tidak tersirat, pilihan tengah memang tidak untuk dipilih. Pilihan ini ada sebagai pemecah keputusan dan permainan psikologi untuk meningkatkan penjualan ukuran besar. Beda hasilnya jika pilihan ukuran medium ini tidak ada. Hanya tersedia pilihan small dan large. Maka pembeli umum akan lebih banyak memilih ukuran small. Sehingga penjualan milk bubble tea ukuran large akan lebih sedikit.  

Jadi bagaimana? Sudah paham kan sekarang. Bahwasanya ada trik-trik marketing yang memang efektif mendongkrak penjualan dengan memanfaatkan psikologi calon pelanggan.

Pada kasus berbeda, pilihan ketiga diletakkan sebagai pilihan tengah. Ketika kita membeli popcorn misalnya. Sales akan memberikan pilihan ukuran kecil dan ukuran besar. Tetapi kemudian memunculkan pilihan ukuran sedang. Pelanggan akan cenderung memilih pilihan tengah karena mengganggap pilihan ini cukup menguntungkan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Sebagai contoh, jika kita disajikan pilihan angka 1-5, maka kita cenderung akan memilih angka tengah yaitu angka 3.

Saya memiliki pengalaman pribadi terkait decoy effect ketika membeli minuman kekinian maupun cemilan di bioskop. Saya termasuk yang merasa untung karena membeli ukuran besar yang harganya hanya selisih sedikit dengan ukuran medium. Tetapi seringkali ukuran itu terlalu besar dan tidak habis. Artinya saya termakan trik marketing decoy effect dan membeli sesuatu lebih banyak dari yang saya butuhkan. Setelah sedikit mengetahui trik psikologi ini, saya lebih waspada dalam melakukan pembelian. Tidak semata-mata membeli sesuatu dengan jumlah besar karena terlihat lebih menguntungkan.


#klipJanuari2021

Comments

Popular posts from this blog

Menyanyi Laguku Sendiri (Think Creative Day 8)

Hampir sebulanan ini Hasna bunda masukkan ke PAUD dekat rumah. Berangkat pukul 07.30 WIB dan pulang sekitar pukul 10.00 WIB. Bunda merasa kasihan, karena ketika kakak sekolah TK, adik Hasna bermain sendiri. Bunda sedang tidak bisa membersamai, apalagi sebentar lagi ada adik bayi. Kemungkinan besar fokus bunda adalah mengurus adik bayi. Untungnya Hasna sangat excited di PAUD, meskipun sederhana tetapi bunda tahu di sana memang hanya bermain tanpa dipaksa belajar. Bahkan kadang jalan-jalan atau beraktivitas di kebun sebelah sekolah.  Hasna memang suka menyanyi, kemarin ibu gurunya mengirimi bunda video ketika Hasna menyanyi sambil menunggu dijemput mbah uti. Di lagu tersebut, Hasna mengarang sendiri syairnya. Tentang mamanya yang belum jemput. Dan bagaimana ia di sekolah. Kata gurunya, di kelaspun dia suka menyanyi sendiri. Berarti dia merasa nyaman di PAUD dan tidak merasa terbebani. Setiap pulang juga selalu cerita. Misalnya saja beberapa hari lalu, anak-anak lomba makan k

Pohon Literasi #Day 10

Bismillaahirrohmaanirrohiiim... Tantangan hari ke 10, Raissa masih kurang enak badan. Padahal, hari itu bunda ada pertemuan pengurus Komunitas Ibu Profesional Sumut. Paginya kami sempatkan pergi ke dokter untuk memeriksakan kakak. Setelahnya ayah mengantar bunda dan adik ke tempat pertemuan. Kakak sebenarnya marah karena ingin ikut, akhirnya dibujuk ayah istirahat di rumah. Sepulang ngantar bunda nanti mampir beli kaos dan buku Afra. Bunda dan ayah berbagi tugas untuk menjaga anak-anak. Karena kemungkinan itu pertemuan pengurus KIP Sumut yg terakhir bunda ikuti. Soalnya bulan ini kami sudah akan pindah dari Sumut. Sekalian bunda pamitan dengan teman-teman pengurus yang lain.  Selama menemani bunda, Hasna bersikap baik dengan bermain sendiri. Mewarnai, membaca, dan memainkan amunisi yang sudah dibawanya dari rumah. Sempat pula berkenalan dengan anak-anak teman bunda. Sesampainya di rumah, ternyata kakak mendapat beberapa buku Afra. Salah satunya Amazing shodaqoh. Kam

Refleksi Pemilihan Walikota di Hexagon City

 Hexagon city pada pekan-pekan ini sedang berproses membangun struktur organisasi kota. Kali ini proses pemilihan walikota berlangsung. Mulai dari Pengajuan kandidat hingga hari pemilihan dan hasil pemungutan suara. Seperti halnya pemilu di tempat lain berlangsung, di hexagon city proses yang dilalui juga sangat teratur dan khidmad. Meskipun seluruh warga adalah perempuan, seluruh kandidat dan tim sukses juga adalah para perempuan, hal ini tidak mengurangi esensi pemilu itu sendiri. PENGAJUAN KANDIDAT CALON WALIKOTA Setiap cluster di hexagon city diberikan kuota sebanyak 3 calon kandidat. Gugus Impian adalah cluster tempat saya berada. Ada tiga orang calon kandidat yang pada awalnya mengajukan diri. Selain 3 kandidat sebagai perwakilan cluster, hexagonia yang lain juga diperkenankan mencalonkan diri sebagai kandidat independen.  Para calon kandidat walikota diharuskan mendaftarkan diri pada form yang disediakan oleh tim formula dengan batas waktu. Namun, terjadi beberapa hal selama pro